Pakai Tupai, Bayar Pajak Semudah Isi Pulsa

Kembali ke soal cara menghitung pajak motor, besaran biaya pajak motor sendiri memang berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Tarif pajak kendaraan bermotor sendiri ditetapkan dengan peraturan daerah. Ini artinya bisa saja antara satu daerah dengan daerah lainnya memiliki tarif pajak kendaraan bermotor atau PKB yang berbeda, kecuali angkanya sudah ditetapkan oleh Mendagri. Sedangkan tarif PKB di daerah lain mungkin berbeda-beda. Tarif pajak kendaraan bermotor di Provinsi Banten ditetapkan sebesar 1,75%, naik dari tahun sebelumnya. Besaran pajak motor yang harus dibayar ditentukan juga oleh harga sepeda motor tersebut. Pajak motor sendiri dihitung sebesar tarif PKB dikalikan dengan harga motor. Semakin tinggi harga motor, semakin besar pajak yang harus dibayar. Oleh karena itu, besaran pajak motor Honda Beat, Revo, Supra, Blade, Yamaha Jupiter, Vega, Vixion, Byson, dan Mio, dan sebagainya, akan berbeda-beda karena harga sepeda motor tersebut memang berbeda. Biaya pajak motor beat 2012 juga harusnya lebih murah dibandingkan dengan honda Beat 2019 karena harga sepeda motornya pasti berbeda. Biaya pajak motor beat juga tentunya berbeda dengan biaya pajak motor mio.

6. Pemeriksa Pajak adalah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak atau tenaga ahli yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak, yang diberi tugas, wewenang, dan tanggung jawab untuk melaksanakan Pemeriksaan. 7. Tanda Pengenal Pemeriksa Pajak adalah tanda pengenal yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pajak yang merupakan bukti bahwa orang yang namanya tercantum pada kartu tanda pengenal tersebut sebagai Pemeriksa Pajak. 8. Surat Perintah Pemeriksaan yang selanjutnya disingkat SP2 adalah surat perintah untuk melakukan Pemeriksaan dalam rangka menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan dan/atau untuk tujuan lain dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. 9. Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Lapangan adalah surat pemberitahuan mengenai dilakukannya Pemeriksaan Lapangan dalam rangka menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan dan/atau untuk tujuan lain dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. 10. Surat Panggilan Dalam Rangka Pemeriksaan Kantor adalah surat panggilan mengenai dilakukannya Pemeriksaan Kantor dalam rangka menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan dan/atau untuk tujuan lain dalam rangka melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Pembayaran pajak kendaraanmu secara online di Samsat Jawa Timur bisa melalui Bank Jatim; ATM, Teller, PPOB (Payment Point Online Bank), Mobile Banking, dan Internet Banking. Cara pembayaran pajak kendaraan cukup mudah, Anda isi data kendaraan Anda di situs e-samsat Jawa Timur. Lalu Anda akan mendapatkan kode bayar. Gunakan kode bayar ini untuk membayar pajak kendaraan via Teller , ATM, PPOB, Mobile Banking, dan Internet Banking Bank Jatim. Setelah Anda memasukkan kode bayar, cek kembali ketepatan data yang muncul. Jika sudah sesuai, selesaikan pembayaran. Simpanlah bukti pelunasan transaksi pembayaran pajak kendaraan ini dan tukarkan dengan pengesahan STNK beserta notice Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Jatim setempat. Lakukanlah penukaran ini maksimal 7 hari setelah pembayaran. Pembayaran pajak kendaraan online di Samsat Aceh dapat dilakukan di Teller dan ATM Bank Aceh Syariah. Agar Anda bisa membayar pajak kendaraan online, Anda harus mendapatkan kode bayar. Langkah pertama adalah mengunjungi situs e-samsat Aceh, lalu isi data kendaraan Anda. Anda akan melihat detil mengenai pajak kendaraan yang Anda gunakan. Lalu pilihlah metode pembayaran; via Teller atau ATM Bank Aceh Syariah. Setelah Anda isi kode bayar, cek kembali informasi pembayaran pajak kendaraan yang muncul. Jika informasi sudah sesuai, selesaikan pembayaran. Simpanlah bukti bayar tersebut. Untuk cara detil pembayaran Anda bisa langsung kunjungi situs e-samsat Aceh. Jangan lupa perhatikan tanggal jatuh tempo pajak kendaraan yang ada pada STNK Anda. Jangan sampai Anda telat membayar pajak karena akan ada denda pajak kendaraan. Semoga informasinya bisa bermanfaat, ya!

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus taat membayar pajak termasuk pajak pendapatan maupun kendaraan. Oh iya, sekarang kamu sudah bisa loh membuat NPWP, SKCK dan kartu kuning secara online, semakin mudah aja ya gaes. Bicara soal pajak, sekarang kamu sudah bisa loh melihat pajak kendaraan bermotor secara online. Nah, berikut ini cara mengecek pajak kendaraan bermotor secara online melalui Android dan PC. Jadi, simak baik-baik ya gaes! Oh iya, sebelum kamu mendaftar jadi GOJEK atau GrabBike, pastikan sudah membayar pajak ya. Pertama, download dan install aplikasi ‘Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta‘ di Play Store. Kemudian pilih akun Google kamu gaes. Lalu masukkan NIK yang sesuai dengan STNK motor tersebut. Keempat, berikutnya akan tampil data kendaraan motor tersebut dan data pajak kendaraan lengkap dengan denda serta status. Contohnya gambar berikut ini. Kemudian kunjungi situs ‘Samsat PKB 2 Jakarta‘. Kemudian klik tombol ‘Proses‘. Ketiga, selanjutnya akan tampil data kendaraan motor tersebut dan data pajak kendaraan lengkap dengan denda serta status. Contohnya gambar berikut ini. Cara di atas hanya berlaku untuk kendaraan motor di DKI Jakarta. Sedangkan untuk di luar DKI Jakarta, kamu bisa cek di situs berikut ini sesuai provinsi kamu ya. Cara cek pajak kendaraan motornya juga sama, kamu hanya perlu menyiapkan dan mengisi data nomor polisi atau plat motor dan juga NIK. So, bagaimana sobat pintar? Mudah banget kan cara cek pajak kendaraan bermotor online. Oh iya, share juga ke teman kamu, agar tau cara cek pajak kendaraan motor.

Tags: