Nah Sudah Paham Kan?

Palembang, BP-Siapa bilang denda pajak STNK telat satu hari sama dengan satu tahun? Yuk simak cara menghitung denda pajak STNK motor dan mobil yang telat 1 tahun atau lebih. Di tahun 2017 ini, pengurusan surat-surat pajak kendaraan bermotor mendapat tambahan Pemasukan Negara Bukan Pajak yang dibebankan kepada wajib pajak. Bayar pajak tahunan selain bayar pokok pajak STNK, juga kena biaya pengesahan STNK senilai Rp25.000 untuk motor dan Rp50.000 untuk mobil. “Tidak ada alasan untuk tidak membayar pajak motor, walaupun telat 2, 3, 4 tahun bayar saja. Tidak perlu risau dengan besarnya denda pajak STNK yang telat 1, 2, 3, 4 tahun. Semua akan jelas setelah kita baca penjelasan singkat ini,” ujar Herryandi Sinulingga, Kepala UPTB Palembang II. Ada yang bilang denda pajak motor dan mobil telat 1-2 hari sama dengan denda satu tahun, sehingga pemilik kendaraan membiarkannya hingga satu tahun kemudian baru dibayar. Itu tidak benar. Ternyata ada rumus menghitung denda pajak STNK motor dan mobil yang telat walaupun telat satu hari, dua hari, satu bulan, dua bulan dan seterusnya.

Apakah atas bangunan baru perlu di laporkan dalam Surat Pernyataan? 44 Wajib Pajak melakukan penambahan kapasitas gudang dengan cara memperluas gudang dari sebelumnya 300 meter menjadi 1000 meter di tahun 2014. Wajib Pajak menyampaikan SPT Tahunan di tahun 2012 dengan mencantumkan gudang tersebut (300 meter). Wajib Pajak belum pernah menyampaikan SPT Tahunan sejak 2013. Bagaimana perlakuan Amnesti Pajak atas harta tersebut? Atas tambahan berupa gudang yang lebih luas merupaka objek Amnesti Pajak yang dilaporkan dalam Surat Pernyataan Harta. Objek Amnesti Pajaknya sebesar nilai wajar dari perluasan bangunan yang dilakukan pada akhir Tahun Pajak SPT Terakhir. 45 Pengusaha memiliki omset s.d. 4,8 Milyar dan mempunyai harta di luar negeri yang tidak dilakukan repatriasi (WP memilih untuk deklarasi luar negeri). Tarif mana yang dikenakan atas harta yang akan menjadi objek Amnesti Pajak. Tarif tersebut berlaku bagi seluruh Harta Tambahan Wajib Pajak yang bersangkutan. 46. Wajib Pajak terakhir menyampaikan SPT Tahunan PPh di Tahun Pajak 2010, kemudian berniat mengikuti Amnesti Pajak.

Tinggi rendahnya tarif denda pajak tergantung dengan tarif pajak tahunan dan waktu keterlambatan membayar pajak. Semakin lama Anda menunda membayar pajak, maka semakin tinggi denda pajak yang harus Anda bayarkan. Bagi Anda yang terkena denda pajak, dan ingin menghitungnya di rumah Anda bisa menggunakan Kalkulator Denda Pajak berikut. Apabila Anda baru saja membeli mobil Livina atau Grand Livina bekas, sebaiknya Anda segera melengkapi dokumen kepemilikannya melalui proes balik nama. Proses balik nama adalah proses penggantian nama pemilik kendaraan dari pihak pertama menjadi pihak baru, dengan seluruh biaya dibebankan pada pembeli yang baru (pihak kedua). Jika Anda segera melakukan proses ini, maka saat Anda membayar pajak tidak perlu lagi meminjam KTP pemilik kendaraan yang lama. Berikut tarif balik nama Livina & Grand Livina. Pembayaran pajak dapat dilakukan secara lansung ataupun secara online. Pembayaran pajak secara langsung yaitu Anda datang secara langsung di Kantor Samsat dengan mmbawa berkas persyaratan seperti STNK, KTP asli, BPKB (digunakan untuk pembayaran pajak 5 tahunan), serta uang pembayaran pajak.

Pajak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan bernegara, khususnya di dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai semua pengeluaran termasuk pengeluaran pembangunan. Di sisi lain pajak juga sangat penting dalam mengatur pertumbuhan ekonomi melalui kebijaksanaan pajak. 1. Fungsi Anggaran (Budgetair), yaitu pajak dijadikan alat untuk memasukkan dana secara optimal ke kas negara berdasarkan undang-undang perpajakan yang berlaku, sehingga pajak berfungsi membiayai seluruh pengeluaran-pengeluaran yang berkaitan dengan proses pemerintahan. Pajak digunakan untuk pembiayaan rutin, seperti: belanja pegawai, belanja barang, pemeliharaan, dan lainnya. Untuk pembiayaan pembangunan, uang dikeluarkan dari tabungan pemerintah, yaitu penerimaan dalam negeri dikurangi pengeluaran rutin. Tabungan pemerintah tersebut ditingkatkan terus dari tahun ke tahun sesuai kebutuhan pembiayaan pembangunan yang semakin meningkat. 2. Fungsi Mengatur (Regulerend), yaitu pajak digunakan pemerintah sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu dan pelengkap dari fungsi anggaran. Pemerintah dapat mengatur pertumbuhan ekonomi melalui kebijaksanaan pajak. Contohnya: dalam rangka penanaman modal, baik dalam negeri maupun luar negeri, diberikan berbagai macam fasilitas keringanan pajak.

Standara pemeriksaan adalah capaian minimum yang harus dicapai dalam melaksanakan pemeriksaan. Boleh dibilang, standar pemeriksaan merupakan syarat minimal. Pelaksanaan pemeriksaan pajak boleh lebih bagus atau diatas standar pemeriksaan yang sudah ditetapkan. Dalam hal dibawah standar, sebenarnya tidak ada sanksi bagi pemeriksa pajak tetapi akan menjadi ukuran pembinaan pelaksanaan pemeriksaan oleh Direktorat Pemeriksaan. Standar pemeriksaan lebih lanjut diatur dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-23/PJ/2013 tentang Standar Pemeriksaan. Standar umum Pemeriksaan merupakan standar yang bersifat pribadi dan berkaitan dengan persyaratan Pemeriksa Pajak. Persyaratan ini merupakan syarat kompetensi untuk dapat menjadi seorang Pemeriksa Pajak, baik sebagai individu maupun sebagai tim Pemeriksa Pajak (kompetensi kolektif). Pemeriksa Pajak harus memiliki pengetahuan dan keahlian yang memadai dibidang perpajakan, akuntansi, dan Pemeriksaan. Pemeriksa Pajak diharuskan memiliki pengetahuan umum tentang lingkungan dan proses bisnis Wajib Pajak, termasuk di antaranya adalah kemampuan menerapkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku. Pemeriksa Pajak harus memiliki keterampilan berkomunikasi secara jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

Tags: