Inilah Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan Di Samsat Online – Sriwijaya Post

Semua tarif itu tidak final sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan peraturan yang ada. Selain itu ada juga tarif untuk penjualan barang mewah dengan harga yang selangit seperti pesawat udara pribadi, kapal pesiar, rumah beserta tanahnya, apartemen mewah, dan kendaraan bermotor roda empat yang tangkinya lebih dari 3000 cc, pajak yang dikenakan sebesar 5% x harga jualnya (tidak termasuk PPN dan PPnBM). Untuk pihak yang tidak memiliki NPWP pajak yang dikenakan lebih mahal dari yang punya NPWP kurang lebih 100% lebih mahal. Pajak penghasil pasa 25 atau PPh 25 adalah pembayaran pajak penghasilan yang pelaksanannya secara berangsur. Hal inii bertujuan untuk meringankan beban wajib pajak, mengingat perushaan atau wajib pajak juga harus melunasi pajak yang terutang dalam jangka waktu satu tahun saja. Pajak penghasilan yang telah dipotong sesuai PPh 21 (sesuai dengan tarif di pasal 17 ayat 1 bagi pemilik NPWP dan tambahan bunga sebesar 20% bagi yang tidak emmiliki NPWP) dan pasa 23 (15% berdasarkan deviden, royalti, bunga, hadiah serta 2% berdasarkan sewa dan penghasilan lain yang didapat) serta pajak penghasilan yang dipungut sesuai dengan PPh 22 (pemungutan sebesar 100% bagi yang tidak memiliki NPWP).

Pajak Bumi dan Bangunan adalah pungutan atas tanah dan bangunan yang muncul karena adanya keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi bagi seseorang atau badan yang memiliki suatu hak atasnya, atau memperoleh manfaat dari padanya. Jika dilihat dari sifatnya, Pajak Bumi dan Bangunan merupakan pajak yang bersifat kebendaan. Artinya, besaran pajak terutang ditentukan dari keadaan objek yaitu bumi dan/atau bangunan. Sedangkan keadaan subjeknya tidak ikut menentukan besarnya barang. Mempunyai hak atas bumi. Memperoleh manfaat atas bumi. Memperoleh manfaat atas bangunan. Ternyata, tidak semua objek bumi bangunan bisa dikenakan PBB. Terdapat juga objek pajak yang tidak dapat dikenakan PBB. Namun, objek pajak tersebut harus memiliki kriteria tertentu yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan. Objek pajak tersebut digunakan semata-mata untuk kepentingan umum dibidang ibadah, sosial, kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan nasional, yang tidak dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan. Digunakan untuk kuburan, peninggalan purbakala, atau yang sejenis dengan hal tersebut. Objek pajak merupakan hutan lindung, hutan suaka alam, hutan wisata, taman nasional, tanah penggemkbalaan yang dikuasai suatu desa, dan tanah negara yang belum dibebani suatu hak.

Subjek pajak hotel merupakan Orang Pribadi atau Badan yang melakukan pembayaran atas pelayanan hotel. Pajak yang dikenakan atas hotel adalah segala pelayanan yang disediakan dan pembayaran atas fasilitas hotel tersebut. Seperti fasilitas penginapan yang disediakan di hotel termasuk dengan kamar kos yang memiliki lebih dari 15 ruangan atau lebih untuk disewakan. Pelayanan penunjang lain seperti telepon, faksimile, teleks, fotokopi, layanan-lainnya. Fasilitas olahraga dan hiburan. Segala bentuk pelayanan yang disediakan di restoran akan dikenakan pajak daerah. Pajak hiburan dikenakan untuk seluruh jenis pertunjukan atau hiburan atas nama serta dalam bentuk apapun yang dapat dinikmati oleh setiap orang dengan dikenakanan pungutan biaya. Tarif atas pajak hiburan berbeda-beda antara hiburan yang satu dengan hiburan yang lain. Pajak reklame merupakan Pajak Daerah atas reklame. Objek Pajak yang dimaksud adalah penyelenggara reklame tersebut. Pajak penerangan jalan dibebankan atas penggunaan tenaga listrik, baik yang dihasilkan secara pribadi maupun yang didapatkan berasal dari sumber lain. Pemakai listrik merupakan individu dan atau badan yang menjadi pemilik atau penyewa bangunan rumah dan bangunan lainnya yang memanfaatkan layanan listrik dari PLN maupun bukan PLN.

Misalnya sobat baru membeli motor, lalu kakak sobat ingin beli motor tipe dan keluaran tahun yang sama, menggunakan alamat yang serumah dengan sobat. Lihat STNK lalu cek nilai PKB-nya, misalnya tertulis Rp. PKB : Tarif Pajak. Jadi, pajak yang harus dibayar oleh kakak sobat sebesar 75 ribu lebih mahal. Dengan catatan untuk tahun pembelian dan juga tipe motor yang dibeli adalah sama. Besar persentase denda adalah 25% untuk bulan pertama dan ada tambahan 2 % setiap bulan yang terlewat. 27 persen. Telat 3 bulan jadi 29%, dst. Untuk cara penghitungan denda pajak antara motor dengan mobil sama saja, yang membedakan hanya denda SWDKLLJ-nya saja. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (besarnya tertulis di STNK). Biaya Perpanjang / pengesahan STNK bisa cek di kertas STNK. Kalau terlambat bayar pajak motor / mobil lebih dari satu tahun, tinggal dikalikan saja total biaya pertahun dikali dengan jumlah tahun. Jika terlambat lebih dari 5 tahun, maka akan ada tambahan biaya ganti plat, dll sebesar Rp. 200.000,- untuk motor dan Rp. Bisa terlihat untuk mobil, walau telat hanya beberapa hari, terkena denda yang cukup besar. Untuk denda PKB / pajaknya saja sebesar 25% x Rp. 375.000, jadi jangan sampai telat bayar pajak! Karena sudah lewat dari 10 tahun, maka ada tambahan biaya ganti plat motor sebesar Rp. Motor telat bayar pajak dari Tahun 2013, ingin balik nama. Catatan: karena ingin balik nama, walaupun (tahun 2017) belum waktunya ganti plat, tetap saja akan dikenai biaya ganti plat. Demikianlah informasi mengenai cara menghitung pajak kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor untuk berbagai kondisi seperti telat bayar pajak, balik nama, dll. Perhitungan diatas adalah sebagai estimasi saja, jika ada koreksi atau hal-hal yang dirasa salah / kurang tepat dari cara / rumus diatas, silahkan mengisi kolom diskusi dibawah.

Tags: