Faisal Tax’s Blog

Fakta ini membuktikan jika sistem salah satu jenis pajak utama ini tetap belum familiar di kalangan masyarakat. Padahal Dirjen Pajak terus berupaya melakukan sosialisasi untuk meningkatkan literasi pajak. Cara menghitung pajak penghasilan memang tidak semudah A tambah B sama dengan C. Namun bukan berarti melakukannya sangat sulit dan hanya bisa dilakukan oleh para ahli. Minimnya pemahaman wajib pajak memang masih jadi alasan utama banyak yang tidak paham cara menghitung pungutan atas penghasilan bersih yang kamu miliki ini. Padahal ada banyak cara yang bisa kamu pakai untuk menghitung berapa pajak yang harus kamu bayar untuk penghasil neto per tahunnya. Selain cara manual, ada banyak aplikasi yang juga bisa kamu pakai untuk membantu kalkulasi ini. Meskipun kesannya lebih mudah namun ada baiknya kamu memahami dasar-dasar yang dipakai untuk menentukan berapa banyak kamu harus bayar pajak untuk pendapatan tahunanmu. Yuk simak lebih jauh apa saja yang penting dalam perhitungan pajak penghasilan milikmu. Apa itu Pajak Penghasilan?

PPN juga bisa dibebankan kepada badan yang memiliki kewajiban membayar pajak setelah mendapat status Pengusaha Kena Pajak (PKP). Mudahnya, PPN adalah pajak yang dibebankan pada setiap aktivitas konsumsi barang atau jasa dari Wajib Pajak Orang Pribadi, Badan, hingga Pemerintah. Akan tetapi, pembayar pajak atau konsumen produk dan jasa tersebut tidak perlu membayar langsung kepada negara melainkan kewajiban membayarkan jatuh pada pihak pemotong PPN. Konsumen akhir menjadi pihak yang berkewajiban untuk membayar, sementara penjual harus menyetor dan melaporkan PPN. Contohnya adalah ketika kita membeli makanan atau minuman di supermarket, akan ada jumlah PPN di dalam struk yang harus Anda bayar sebagai pembeli. Namun, tidak semua jenis barang merupakan objek pajak PPN. Dilansir dari laman Klik Pajak objek PPN, terdiri dari beberapa jenis. Penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) atau Jasa Kena Pajak (JKP) di suatu wilayah pabean oleh seorang pengusaha. Selama pengusaha berkegiatan bisnis di dalamnya, maka ia akan dikenai PPN di mana barang atau jasa yang dijualnya menjadi objek pajak pertambahan nilai.

Tetapi mengantongi antara Rp 10,000,000 hingga Rp 30,000,000 sebulan, saya rasa bukan sesuatu yang sulit bagi mereka. Apa syaratnya menjadi orang konsultan pajak? Memperoleh ijin untuk menjalankan praktek sebagai seorang konsultan pajak, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak (Pasal 1 dan Pasal 3 PMK-111/PMK.03/2014). Untuk mendaftarkan diri dan memperoleh ijin tersebut, anda harus memiliki sertifikat tanda lulus “Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak” (USKP) dan menjadi anggota “Asosiasi Konsultan Pajak Indonesia” (AKPI). Persayaratan administrative lainnya selengkapnya bisa anda baca pada Peraturan Menteri Keuangan yakni PMK-111/PMK.03/2014. Sama seperti seorang konsultan pajak mandiri. Bedanya, disamping mempekerjakan dirinya sendiri juga mempekerjakan orang lain (staff dan mungkin juga manager) thus mendirikan kantor konsultan pajak. Pendapatan yang diperoleh tentu menjadi lebih besar. Seorang partner Kantor Konsultan Pajak, sama seperti para partner Kantor Akuntan Publik, bukan sekedar seorang spesialis. Melainkan juga seorang pengusaha-tak ada bedanya dengan para pengusaha lainnya-yakni, memperbesar pendapatan dengan cara mempekerjakan orang lain. Hanya saja, jasa yang dijual sifatnya sangat khusus, yakni jasa di bidang perpajakan.

Anda akan mendapatkan Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN) setelah menyelesaikan pembayaran. Selanjutnya, masukkan NTPN ke dalam laporan SPT Anda saat akan melakukan pelaporan telah membayar pajak. Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu (WP-OPPT) : Yang termasuk (WP-OPPT) adalah para pelaku usaha barang atau jasa, baik yang dilakukan secara grosir atau eceran, dengan satu atau lebih tempat usaga. 0.75% x omzet bulanan masing-masing tempat usaha. Wajib Pajak Orang Pribadi Selain Pengusaha Tertentu (WP-OPSPT) : Yaitu pekerja bebas atau karyawan yang tidak memiliki usaha sendiri. Penghasilan Kena Pajak (PKP) x tarif PPh 17 ayat (1) huruf a UU PPh (12 bulan). Penghasilan Kena Pajak (PKP) x 25% (tarif pasal 17 ayat (1) huruf b UU PPh). Setelah Anda mengetahui kegunaan dana pajak dan langkah-langkah pembayarannya, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk melalaikan pajak. Anda yang membayar dan Anda juga yang akan merasakan manfaat dari pajak. Fitur e-Billing bisa menjadi pilihan cara bayar pajak online yang mudah dan praktis. Ayo jadi masyarakat yang taat pajak! Mau Tahu Cara Membuat NPWP Pribadi?

Wajib pajak badan dan wajib pajak pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas diwajibkan menyelenggarakan pembukuan. • Diperbolehkan menghitung penghasilan netto dengan menggunakan norma penghitungan penghasilan netto. • Wajib pajak orang pribadi yang tidak melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas. Pencatatan oleh wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas meliputi peredaran atau penerimaan bruto dan penerimaan penghasilan lainnya. Sedangkan bagi mereka yang semata-mata menerima penghasilan dari luar usaha dan pekerjaan bebas pancatatan hanya mengenai panghasilan bruto, pengurang, dan penghasilan netto yang merupakan objek pajak penghasilan. Di samping itu pencatatan meliputi pula penghasilan yang bukan objek pajak atau yang dikenakan pajak yang bersifat final. • Diselenggarakan dengan memperhatikan itikad baik dan mencerminkan keadaan atau kegiatan usaha yang sebenarnya. • Diselenggarakan di Indonesia dengan menggunakan huruf latin, angka arab, satuan mata uang rupiah. • Disusun dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa asing yang diizinkan oleh menteri keuangan (misalnya, bahasa inggir ). Untuk wajib pajak badan besarnya penghasilan kena pajak sama dengan penghasilan netto, yaitu penghasilan bruto dikurangi dengan biaya-biaya yang diperkenankan oleh undang-undang PPh.

Tags: