Akuntansi Pajak Terhadap Aktiva Tetap Dan Aktiva Tidak Berwujud

Maka dari itu tidak heran apabila kita juga sering menjumpai banyak orang di kantor Samsat setempat yang sedang membayar denda pajak motor ataupun mobil yang mereka miliki. Namun jika kita lebih teliti seperti diatas kami sampaikan tentunya kita akan mengetahui waktu pembayaran pajak motor sesuai yang tertulis di STNK. Jika sebelum jatuh tanggal pembayaran pajak motor tentunya kita tidak diharuskan membayar denda telat pajak motor melainkan hanya membayar Pajak Kendaraan Motor (PKB) dan juga sumbangan dana kecelakaan lalu lintas jalan atau (SWDKLLJ). Lalu bagaimana jika kita telat membayar denda pajak motor tersebut? 1 hari kepada pemilik kendaraan. Namun jika lebih dari 2 hari maka anda akan mendapatkan denda yang harus di bayar karena dianggap telat dalam membayar pajak yang nantinya secara otomatis akan di tambahkan sebesar Rp 32.000 untuk motor dan Rp 100.000 untuk mobil. Dan berikut adalah cara menghitung biaya denda telat bayar pajak motor yang harus anda ketahui agar kedepannya anda tidak lagi kebingungan ketika mau membayar pajak motor dan sudah melebihi dari jatuh tempo pembayarannya. Nah itulah bagaimana cara menghitung biaya denda telat bayar pajak motor yang bisa and alakukan sendiri dirumah dengan menggunakan rumus diatas. Jangan lupa juga untuk menyimak artikel menarik kami lainnya seputar Syarat Balik Nama Motor yang sebelumnya sudah kami bagikan.

Pengembangan TI Ditjen Pajak dimulai awal 90-an, yaitu dengan penerapan NPCS yang berfungsi untuk mengawasi dan mengevaluasi pembayaran pajak. Pada awal 1994, mulai diperkenalkan Sistem Informasi Perpajakan (SIP) untuk menggantikan NPCS yang berfungsi sebagai sarana pengawasan SPT sekaligus untuk mengawasi dan mengevaluasi pembayaran pajak, serta dapat juga berperan sebagai sarana pendukung pengambilan keputusan. Di bidang PBB diperkenalkan Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP). Pajak dan sekaligus pintu masuk menuju program aplikasi PK-PM dan MP3. Pembeli dengan Faktur Pajak Keluaran PKP Penjual. SPT melalui media elektronik. SIDJP, demikian juga KPP Madya luar Jawa. Sedangkan sisanya menggunakan SIPMOD 10g. Selanjutnya SIP modifikasi ini akan digantikan dengan SI-DJP yang menggunakan database yang tersentralisasi untuk mendukung seluruh kegiatan.Secara bertahap Sistem Informasi Perpajakan (SIP) di DJP akan dikembangkan kepada Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SI-DJP). Pada awalnya SIP yang sudah dimodifikasiterlebih dahulu yaitu pada tahun 2005 yang dikenal dengan nama SIPMOD Unix karena berbasis Linux Unix, sehingga dapat diaplikasikan dengan kebutuhan struktur organisasi yang baru yaitu awalnya sistem yang berorientasi ke jenis pajak kemudian dimodifikasi kepada sistem yang Pengembang Aplikasi Sistem Informasi di Lingkungan DJP.

Berbagai macam cara telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan penerimaan negara dari pajak, mulai dari tax amnesty hingga integrasi E-filling dan E-billing. Sayangnya, hal tersebut belum membantu meningkatkan pendapatan pajak, terbukti dari penerimaan pajak di tahun 2020 yang ini masih jauh dari harapan. Berubah-ubahnya sistem pelaporan dan penagihan pajak juga menjadi salah satu faktor belum stabilnya ekosistem perpajakan di negara kita. Salah satu perubahan terkini yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah integrasi e-Filling dan e-Billing di dalam satu platform. Hal ini juga sesuai dengan apa yang disampaikan dalam tweet resmi Ditjen Pajak di kanal twitter. KawanPajak dlm melaksanakan kewajiban perpajakannya. Pembuatan kode billing selain melalui DJP Online jg dpt melalui ASP, Laman Portal Penerimaan Negara, Bank/ Pos Persepsi, atau petugas DJP. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana nasib aplikasi Surat Setoran Elektonik (SSE Pajak) yang mulai diperkenalkan pada 2016 lalu? Sehubungan dengan adanya integrasi ini, mulai 1 Januari 2020, layanan aplikasi billing DJP SSE1 dan SSE3 resmi ditutup.

Promo gratis voucher ini hanya berlaku untuk transaksi pertama. Paling malas kan kalau harus pagi-pagi siap antri hanya untuk cek ataupun membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PJK)? Sekarang, warga provinsi Banten Jawa Barat bisa bayar pajak motor online tanpa harus datang ke Samsat. Hanya dari HP, Anda sudah bisa membayar Pajak tanpa lelah mengantri. Sekarang memang eranya digital, semua menjadi lebih mudah, praktis, dan menguntungkan. Tinggal duduk manis dirumah Anda bisa mengurus Pajak Kendaraan lewat aplikasi BebasBayar yang memberikan layanan spesial untuk warga provinsi Banten. Lantas bagaimana cara untuk mengetahui pajak kendaraan bermotor lewat online, bahkan bayar sekalipun? Apa yang perlu disiapkan untuk pembayaran PKB online? Terdapat dua jenis Pajak Kendaraan Bermotor, yaitu pajak yang dibayar setiap tahunnya, dan pajak yang dibayar lima tahun sekali. PKB tahunan adalah pajak rutin dan besarnya adalah 1,5% dari harga jual kendaraan. Pajak ini nilainya akan berkurang tiap tahunnya karena adanya faktor berkurangnya nilai jual kendaraan. PKB lima tahunan artinya sudah saatnya Anda mengganti plat nomor kendaraan dan STNK.

Tags: