MAKALAH PAJAK NEGARA DAN DAERAH

Jenis retribusi perizinan tertentu untuk daerah Propinsi dan daerah Kabupaten/Kota ditetapkan sesuai dengan kewenangan masing-masing daerah. 1. Retribusi Izin Mendirikan Bangunan. 4. Retribusi Izin Trayek; Izin trayek adalah pemberian izin kepada orang pribadi atau badan usaha untuk menyediakan pelayanan angkutan penumpang umum pada suatu atau beberapa trayek tertentu. Pemberian izin oleh Pemerintah Daerah dilaksanakan sesuai dengan kewenangan masing-masing daerah. Ditetapkan dengan memperhatikan biaya penyediaan jasa yang bersangkutan, kemampuan masyarakat, aspek keadilan, dan efektivitas pengendalian atas pelayanan tersebut. Yang dimaksud dengan biaya di sini meliputi biaya operasi dan pemeliharaan, biaya bunga, dan biaya modal. Didasarkan pada tujuan untuk memperoleh keuntungan yang layak, yaitu keuntungan yang diperoleh apabila pelayanan jasa usaha tersebut dilakukan secara efisien dan berorientasi pada harga pasar. Didasarkan pada tujuan untuk menutup sebagian atau seluruh biaya penyelenggaraan pemberian izin yang bersangkutan. Yang dengan biaya penyelenggaraan pemberian izin di sini meliputi penerbitan dokumen izin, pengawasan di lapangan, penegakan hukum, penatausahaan, dan biaya dampak negatif dari pemberian izin tersebut. Pajak daerah dan retribusi daerah merupakan salah satu cara meningkatkan APBD tapi pajak dan retribusi daerah itu harus dilaksanakan dengan benar dan adil oleh pemerintah maupun pembayar pajak, di kenakannya sanksi terhadap orang yang menunggak atau menyalahkan aturan adalah hal yang benar, seperti yang terdapat pada undang-undang Nomor 34 tahun 2000 tentang pajak daerah dan retribusi daerah. Seperti juga dijelaskan di atas bahwa terdapat kategori-kategori atau criteria-kriteria pajak. Berapa tarif pajak yang di tetapkan yang harus sesuai tidak menjadi beban bagi pembayar pajak.

Selain itu, User Interface atau tampilan masing-masing server SSE Pajak ini juga sama sekali berbeda, sehingga penggunaannya pun tidak sama. Anda dapat memilih server mana yang menurut Anda paling mudah Anda gunakan, dan berikut kami berikan panduang lengkap untuk pendaftaran di masing-masing server SSE Pajak. Tampilan registrasi eBilling Pajak generasi pertama sangat simpel. Pada halaman ini Anda hanya diminta untuk memasukkan nomor NPWP Anda dan email yang Anda pakai, kemudian masukkan kode capcha yang diberikan. Setelah itu tinggal klik “Register”. Setelah ini silahkan cek email Anda untuk melakukan aktivasi. Silahkan klik link yang diberikan untuk melakukan aktivasi akun SSE Pajak. Masukkan nomor NPWP dan PIN yang dikirim bersamaan dengan link aktivasi. Kode PIN ini berada di pojok bawah pada email link aktivasi. Dari percobaan kami terlihat halaman log ini sedikit berantakan. Dan setelah kami coba untuk log in ternyata tidak berhasil. Pada step ini Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran SSE Pajak Versi 1. Silahkan isi sesuai pembayaran pajak yang ingin Anda lakukan.

2) Khusus tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor untuk bahan bakar kendaraan umum dapat ditetapkan paling sedikit 50% (lima puluh persen) lebih rendah dari tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor untuk kendaraan pribadi. 3) Pemerintah dapat mengubah tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah dengan Peraturan Presiden. 3 (tiga) tahun sejak ditetapkannya Undang-Undang ini. 5) Dalam hal harga minyak dunia sebagaimana dimaksud pada ayat (4) huruf a sudah normal kembali, Peraturan Presiden sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dicabut dalam jangka waktu paling lama 2 (dua) bulan. 6) Tarif Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor ditetapkan dengan Peraturan Daerah. 1) Objek Pajak Air Permukaan adalah pengambilan dan/atau pemanfaatan Air Permukaan. https://www.pajak.com Air Permukaan lainnya yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah. 1) Subjek Pajak Air Permukaan adalah orang pribadi atau Badan yang dapat melakukan pengambilan dan/atau pemanfaatan Air Permukaan. 2) Wajib Pajak Air Permukaan adalah orang pribadi atau Badan yang melakukan pengambilan dan/ atau pemanfaatan Air Permukaan. 1) Dasar pengenaan Pajak Air Permukaan adalah Nilai Perolehan Air Permukaan.

Pada awal tahun 2014 ini beberapa ATPM ( agen tunggal pemegang merek ) sudah mulai merencanakan untuk menaikkan harga kendaraan bermotor produk mereka. Namun mereka (ATPM ) menjamin bahwa kenaikkan harga kendaraan baru tidak akan melemahkan daya beli masyarakat terhadap kendaraan, sehingga mereka tetap yakin target penjualan akan tercapai. Kenaikan harga kendaraan baru cukup bervariasi dan tergantung dari type maupun jenis kendaraan. Diperkirakan harga kendaraan baru akan mengalami kenaikan. Besarnya bervariasi tergantung type maupun jenis kendaraan. Kenaikan harga kendaraan baru ini merupakan penyesuaian harga karena ada kenaikan biaya PBBNKB (Pajak Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor ) dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika. Sementara itu kenaikan pajak progresif kendaraan bermotor diperkirakan bakal mengalami kenaikan cukup signifikan. Kenaikan pajak progresif kendaraan ini diperkirakan mencapai 100%. Kenaikan pajak progresif yang cukup tinggi ini diperkirakan untuk pertambahan mobil baru di ibu kota. Pajak progresif adalah suatu jenis pungutan ( pajak ) yang dikenakan untuk mereka yang mempunyai kendaraan pribadi lebih dari satu dengan ketentuan nama dan alamat sama.

Tags: