E-Samsat Membuat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online Jadi Mudah!

Desain antarmuka aplikasi ini cukup user-friendly, sehingga penggunaan aplikasi ini pun terbilang cukup mudah. Untuk mengecek info pajak kendaraan, Anda bisa memilih menu Info PKB dan mengisi kolom pelat nomor kendaraan yang ingin dicek info pajaknya. Setelah plat nomor kendaraan ditemukan, sistem selanjutnya akan menampilkan detail informasi yang berisi merek kendaraan, model kendaraan, warna kendaraan, tahun, nomor mesin, nomor rangka, tanggal pajak, PKB, PKB denda, hingga total pajak tahunan yang harus dibayar. Jika warga Jawa Barat punya Sambara, Anda yang tinggal di Jawa Tengah juga bisa mengecek info pajak dan membayar pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi e-Samsat bernama Sakpole. Sakpole sendiri merupakan layanan pembayaran pajak kendaraan secara online yang diselenggarakan oleh Tim Pembina SAMSAT Provinsi Jateng. Melalui aplikasi e-Samsat yang diluncurkan pada 16 Juli 2017 ini, masyarakat bisa mengecek info pajak kendaraan bermotor tahunan, info status blokir kendaraan bermotor, SWDKLLJ, PNPB STNK, hingga membayar PKB tahunan di mana pun dan kapan pun lewat aplikasi e-samsat berbasis Android.

Apa yang anda rasakan bila anda lupa atau bahkan juga tidak tahu sama sekali jumlah pajak yang perlu dibayarkan? Jelas bingung serta tidak tahu mesti membayar berapa. Nah jalan keluar untuk menangani hal itu yaitu dengan kepemilikan NPWP. Alat ini akan berguna di saat anda melakukan pelaporan sehubungan dengan jumlah pajak yang harus dibayarkan dan pada saat anda akan menyetorkan pajak itu. Inilah yang akan sangat terasa manfaatnya bila seseorang mempunyai NPWP. Untuk mereka yang terkena wajib pajak perseorangan tetapi tidak mempunyai NPWP pemotongan pajak pada pendapatannya yaitu sebesar 20% lebih tinggi dari jumlah pajak yang harus dibayarkan. Nah untuk mereka yang mempunyai NPWP jelas saja wajib pajak perseorangan akan dipakai pemotongan yang lebih rendah dari itu. Jadi tunggu apa lagi? Segeralah lakukan proses pembuatan NPWP saat ini juga. Sangat banyak manfaat yang akan kita dapatkan bila mempunyai NPWP. Segeralah daftarkan diri anda untuk mendapatkan NPWP. Tidak hanya ketentuannya yang mudah, prosesnya juga sangat cepat, lebih kurang satu hari udah selesai.

Tidak sedikit pengusaha yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pengampunan dari pemerintah. Seperti kasus Gayus, wajib pajak bekerjasama dengan pegawai pajak untuk membuat laporan fiktif atas besarnya pajak yang belum dibayar. Bagi perusahaan besar dengan asset yang besar pula tentu mempunyai kewajiban membayar pajak yang tidak bisa dibilang sedikit. Sehingga besarnya “pengampunan” yang mereka terima dari pemerintah juga jumlahnya besar. Bila kita pernah bekerja di perusahaan perseorangan yang dikelola dengan manajemen yang kurang baik, pembuatan laporan keuangan ganda sudah merupakan hal yang biasa terutama pada perusahaan dagang. Jadi, pegawai bagian accounting / keuangan dituntut untuk membuat laporan keuangan ganda yang bertujuan untuk menghindari atau memperkecil besarnya nilai pajak yang harus dibayar. Laporan keuangan yang sesungguhnya disimpan oleh pemilik untuk kepentingan pribadi dan laporan keuangan yang fiktif disiapkan sedemikian rupa untuk laporan pajak. Hal ini berlaku juga untuk semua data penjualan yang berada di komputer kantor. Biasanya para pemilik akan kelabakan bila petugas pajak melakukan verifikasi / pengecekan di lapangan.

Pph pasal 21 yaitu pungutan wajib yang ditetapkan oleh pemerintah atas penghasilan yang diterima para wajib pajak. Tarif pungutannya sudah diatur berdasarkan ketentuan yang berlaku. Apabila masih bingung bagaimana cara perhitungan Pph 21, berikut uraiannya. Sebelum mulai masuk pada perhitungan PPh pasal 21, harus mengetahui dulu unsur-unsur perhitungannya. Ada PKP, PTKP, serta tarif pungutan yang nanti dijadikan dasar perhitungan pajak penghasilan Pph 21 ini. Sudah ada peraturan tentang tarif PKP pajak pasal 21. Aturan ini juga sudah tertuang dalam peraturan dirjen pajak No. Bagi pegawai tetap serta penerima pensiun akan dikenakan PKP dari pengurangan penghasilan netto dikurangi PTKP baru. Sementara untuk pegawai tidak tetap, PKP diperoleh dari pengurangan penghasilan bruto dengan PTKP baru. https://www.pajak.com Kategori bukan pegawai, PKP diperoleh dengan mengurangi penghasilan bruto dengan nilai PTKP baru. Berdasarkan peraturan dirjen pajak, seseorang tidak akan dikenakan pajak penghasilan jika penghasilan yang diterima tidak sampai 54 juta. Hitungan penghasilan 54 juta ini maksudnya untuk penghasilan per tahun.

Menurut Leroy Beaulieu, pajak adalah bantuan untuk menutupi pengeluaran pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung dari kekuasaan atau barang publik. Menurut Adriani, pajak adalah kontribusi publik kepada suatu negara (yang dapat ditegakkan) yang dimiliki oleh mereka yang berkewajiban untuk membayarnya sesuai dengan peraturan umum (undang-undang) dengan tidak menerima manfaat yang ditunjuk secara langsung, dan tujuannya adalah untuk mendanai pengeluaran publik terkait dengan tugas negara untuk mengelola pemerintahan. 3. Menurut Prof. DR. Menurut Prof. DR. H. Rochmat Soemitro SH menjelaskan bahwa pajak merupakan kontribusi publik terhadap perbendaharaan negara yang didasarkan pada hukum (yang dapat ditegakkan) dengan tidak menerima layanan terkemuka (pertimbangan) yang secara langsung dilaporkan dan dibayar untuk pengeluaran publik dapat digunakan. Definisi tersebut kemudian ditingkatkan lebih lanjut, yaitu pajak adalah transfer kekayaan dari orang ke kas untuk membiayai pengeluaran rutin, dan surplus digunakan untuk tabungan publik, yang merupakan sumber utama pendanaan investasi publik. Menurut Ray M. Sommerfeld, Herschel M. Anderson dan Horace R. Brock, pajak adalah transfer sumber dari swasta ke sektor pemerintah yang bukan karena pelanggaran undang-undang, tetapi harus dilaksanakan berdasarkan yang ditetapkan ketentuan.

Tags: